Kamis, 24 Desember 2009

BIOGRAFI


FRANCK "BILAL" RIBERY : MUSLIM YG BERSINAR DI TENGAH LAPANGAN HIJAU EROPA

Kabar menghebohkan datang dari klub kesayanganku, Manchester United, salah satu klub terbaik sepanjang sejarah. klub berjuluk the red devils itu dikabarkan tertarik untuk memboyong pemain muslim, Frank "Bilal" Ribery dari Fc Hollywood. Dan harga yang diajukan juga tidak main-main, sekitar 61,5 juta pounds atau setara dengan unag 1 trilliun rupiah!!! hal inilah yang memantik pikiranku untuk memposting pemain muslim dengan skill yang mengagumkan tersebut.


Franck Ribéry (lahir pada tanggal 7 April 1983, di Boulogne-sur-Mer) adalah seorang pemain sepak bola Perancis yang bermain untuk Olympique Marseille pada posisi tengah menyerang atau sayap kiri dan kanan, dan baru-baru ini dinobatkan oleh beberapa media Perancis sebagai penerus dari pemain legenda Zinedine Zidane, karena penampilannya yang terus membaik. Pada usia mudanya dia mengalami kecelakaan sehingga meninggalkan bekas di bagian kanan muka dan dahinya. Ribery kini bermain bagi FC Bayern Muenchen dengan mengenakan nomor punggung 7. Ribéry memeluk agama Islam dan menjadi Muslim setelah menikah dengan istrinya yang keturunan Maroko.

Franck Ribery, punya kebiasaan baru sebelum merumput. Pemain muda berusia 26 tahun yang disebut-sebut sebagai pengganti Zinedine Zidane, ini, selalu menengadahkan tangan ke langit sebelum berlaga bersama Les Bleus di Piala Dunia. Dia berdoa layaknya seorang Muslim. Benarkah pemain termuda di tim Prancis ini seorang Muslim?

Kabar Ribery masuk Islam, menyeruak sejak awal tahun 2006. Kabar itu mula-mula dilansir L’Express. Majalah ini menyebut adanya pemain nasional Prancis yang secara teratur beribadah di masjid di selatan Marseille. Mingguan itu tak menyebut nama secara eksplisit, namun yang dimaksud adalah Ribery. Kendati aksi berdoanya di lapangan hijau telah menarik perhatian publik Prancis, Ribery yang merupakan pencetak gol pertama plus optimisme bagi Prancis saat melawan Spanyol, itu, tetap enggan mengemukakan keyakinan barunya itu secara terbuka. Gelandang kanan klab Olympique Marseille, ini, mengatakan keimanan barunya adalah perkara pribadi, tak perlu publikasi.

Alhasil, sejumlah spekulasi pun bermunculan. Ada yang menyebut isteri Ribery yang asli Maroko memainkan peran penting terhadap perubahan Ribery. Ada pula yang menyebut perubahan itu terjadi sejak Ribery membantu klab Turkish Galatasary pada tahun 2005 lalu. Ribery memang setahun tinggal di negara berpenduduk mayoritas Muslim itu, dan membantu tim itu memenangi Piala Turki 2005.

Tapi tak selamanya Ribery bisa diam. Baru-baru ini, dia bersedia diwawancarai majalah Paris Match. Apa katanya? ”Islam adalah sumber kekuatan saya di dalam maupun di luar lapangan,” Dia menambahkan, ”Saya menjalani karier yang berat. Saya kemudian berketetapan hati untuk menemukan kedamaian. Dan akhirnya saya menemukan Islam" kata Ribery penuh keyakinan.


Tanggal lahir 7 April 1983 (umur 26)
Tempat lahir Boulogne-sur-Mer, Perancis
Tinggi 175 cm
Panggilan akrab Scarface ("Si Codet"),
The Magician (Sang Pesulap), FerraRibery
Informasi klub
Klub sekarang Bayern Muenchen
Posisi Gelandang Menyerang
Klub profesional*
2001-2002
2002-2003
2003-2004
2004
2005
2005-2007
2007- US Boulogne
Olympique Alès
Stade Brestois 29
FC Metz
Galatasaray
Olympique Marseille
Bayern Muenchen 24 (5)
18 (1)
35 (3)
20 (2)
14 (0)
54 (12)
4 (1)
Tim nasional**
2006 - Perancis 19 (2)

* Jumlah penampilan klub profesional dan gol
dihitung hanya untuk liga domestik dan
benar pada 2 September 2007.
** Jumlah penampilan dalam tim nasional dan gol benar
pada 2 September 2007.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar